Saturday, November 20, 2010

Semangat sampai dapat

Seorang profesor sedang mengadakan penelitian terhadap beberapa ekor monyet...

Monyet A dan monyet B dimasukkan kesebuah ruangan tertutup yang didalamnya diletakkan sebatang tiang, dimana pada puncak tiang itu terdapat satan dan pisang.Monyet A mulai memanjat tiang itu, pada saat yg bersamaan sang profesor menyiramkan air sehingga terpelesetlah monyet A dan jatuh.
Monyet A berusaha untuk memanjat lagi, tapi karena licin, kembali dia terjatuh, begitu seterusnya, sehingga monyet A menyerah.

Kemudian giliran monyet B, melakukan hal yg sama dengan monyet A, berulang kali mencoba dan jatuh menyerah jugalah monyet B.Kemudian, sang profesor memasukkan monyet C kedalam ruangan tersebut.Monyet C ingin memanjat tiang tersebut, sebelum hal itu terjadi, monyet A dan monyet B dengan semangat menasehati monyet C untuk tidak mengalami hal yang konyol yaitu terpeleset dan jatuh.

"Percuma kamu memanjat tiang itu, kami berdua sudah mencoba berulang kali tetapi selalu gagal"
Akhirnya monyet C menuruti nasehat kedua monyet itu, dia tidak berusaha mencoba memanjat lebih dahulu

Kemudian sang profesor mengeluarkan monyet A dan B, dimasukkannyalah monyet D dan monyet E.
Monyet D dan monyet E ingin sekali memanjat tiang itu, tetapi monyet C mencoba menasehat mereka untuk tidak sekali-kali memanjatnya kalau tidak ingin terpeleset dan jatuh.Monyet D mendengar dan mematuhi nasehat tsb, dia tidak berusaha untuk memanjat.

Tapi lain halnya dengan monyet E, dia tidak mendengarkan nasehat itu, dia tidak terpengaruh dengan nasehat itu, dia mulai mencoba untuk memanjat.

"Apa salahnya mencoba" pikir monyet E Karena sang profesor tidak memberi air lagi pada tiang itu, monyet E akhirnya dapat mencapai puncak dan mendapatkan pisang.

Nahh itu cerita tentang si monyet,beda atau sama dengan kehidupan kita?Kalau kita melihat dari sisi ketika menanggapi persoalan,terkadang kita jadi monyet A dan B
yang seringkali gagal dalam melaksanakan sesuatu atau kadang kita menjadi monyet C yang takut untuk mencoba karena melihat kegagalan orang lain?
Monyet C dalam hal ini adalah sifat yang terburuk dan harus diubah,selain merugikan diri sendiri dengan tidak ingin mencoba,monyet C pun memberitahukan mony
et D bahwa 'percuma untuk memanjat karena akhirnya akan jatuh juga'.Monyet C mematahkan semangat monyet D yang ingin berusaha karena perkataannya.
Seringkali kita tertipu juga dengan orang 'tipe monyet C'.Mengapa?kita sering tidak tahu bahwa apakah dia telah mencoba ataukah ia hanya mendengar dan bodohnya kita percaya..

Tetapi lewat ilustrasi di atas kitadiajar untuk dapat menjadi
orang yang OPTIMIS atau dengan kata lain kita harus mempunyai SEMANGAT yang tinggi untuk mencapai sesuatu dan percaya kita ga sendirian melakukan sesuatu tapi Tuhan beserta kita :)


vaniasharleen


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Painted Life. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree